Pengusaha Harus Tahu ! - Google Trends


Google Trends


Sebagai pengusaha, pasti kita tahu pentingnya melihat permintaan yang ada di pasar untuk membuat strategi marketing yang paling efektif bagi sebuah produk atau untuk melihat peluang bisnis yang ada. Semakin tinggi permintaan, artinya semakin banyak peluang penjualan atau semakin sedikit permintan pada sebuah produk, artinya ada yang perlu diperbaiki dari segi promosi, kualitas atau bisa saja konsumen mulai jenuh.

Banyak cara mengetahui pola permintaan konsumen, mulai dari angket, melihat data pembelian periode sebelumnya hingga pemberian sample.

Cara yang paling efektif untuk mengetahui pola permintaan pasar terhadap suatu produk  sampai saat ini adalah dengan melihat DATA periode sebelumnya. Dengan data ini kita bisa mengetahui minat konsumen pada suatu produk dan potensi ke depannya.

Kini timbul pertanyaan, Tahu kah Anda BAGAIMANA MENDAPATKAN DATA TERSEBUT SECARA GRATIS ?

Sebenarnya ini bukan rahasia (mirip lagunya ari lasso), hanya saja beberapa pelaku usaha konvensional sering melewatkan ini. Caranya mudah saja: cari di Google!

Tentu tidak hanya sekedar mencari melalui search enginee, ada program yang memang di siapkan untuk melihat data tersebut, salah satunya adalah dengan google ad words yang dulu sempat saya tulis.

Namun, saat ini saya akan membahas tentang program lain yang Anda bisa gunakan secara gratis, program ini adalah GOOGLE TRENDS. Disini anda bisa melihat dan membandingkan trend permintaan dari pengguna internet pada suatu produk, di suatu daerah dengan jangka waktu tertentu. Pada Halaman awal Google Trends Anda akan melihat tampilan ini :
Disini Anda bisa mencari beberapa trend, seperti tingkat kepopuleran selebritis favorit Anda, mobil idaman, sampai event yang Anda minati. Tapi, yang lebih bermanfaat, Anda bisa melihat trend konsumsi pengguna internet dari produk yang Anda inginkan. Di Halaman Awal klik saja Explore in Depth. Kemudian akan muncul tampilan ini:
Pilih option di bawah compare, kemudian ketik nama produk yang Anda ingin lihat, Anda bisa tambahkan LOKASI dan jangka WAKTU yang Anda inginkan. Ini yang membuat google trends Luar Biasa menurut saya. Kalau Anda ingin membandingkan dua buah produk, tinggal klik lagi add item. 

Hasil dari Google trends ini berupa Grafik ketertarikan dari konsumen (bukan jumlah pembelian). Anda juga bisa melihat lebih spesifik daerah mana saja yang memiliki ketertarikan tertinggi dari produk yang Anda pilih. Anda juga bisa melihat pencarian yang berhubungan dengan produk tersebut.

Sekali lagi, data ini Anda peroleh GRATIS! (Siapa yang tidak suka brg gratis ?) Well, Anda harus bayar koneksi internet, tapi itu sangat murah dibandingkan biaya yang Anda keluarkan  saat menyebar Angket atau uji sample.

Perlu diingat: Pengusaha yang Jeli selalu memperhatikan INFORMASI. Hanya saja, masih ada beberapa pengusaha pemula (seperti saya) yang belum banyak memanfaatkan teknologi seperti ini. Untuk itulah saya buat artikel ini.

Namun untuk konsumen, data seperti ini juga sangat berguna apabila Anda ingin membandingkan beberapa produk sebelum akhirnya membelinya.

Internet menyimpan POTENSI yang luar bisa, tidak hanya untuk stalking Mantan atau gebetan saja hehehe. Semoga Bermanfaat.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Kamu