Cara Membuat BLog


Mengapa harus tahu cara membuat Blog ?


Karena belum mengerti bagaimana sih cara membuat blog hingga tahun 2013, saya merasa sangat Kudet a.k.a Kurang Update. Padahal, saya meelihat banyak sekali blogger sukses bermunculan dari situs GRATIS ini sejak jaman bahula, eh saya malah baru mulai belajar membuat blog. Saya merasa gagal sebagai Remaja Gaul, karena sepertinya ada yang kurang kalau tidak memulai blogging hehe.

Ketika saya memutuskan ingin belajar membuat Blog. Terbesit pemikiran bahwa saya tidak mau blog yang BIASA-BIASA saja. Kalau kata cherrybelle, harus ada yang istimewa, meskipun saya kalah (jauh sekali) untuk start.

Kemudian saat itulah saya mendengar ada “makanan” bernama SEO atau Search Enginee Optimizer. Singkatnya, SEO ini akan membuat blog kita berada di halaman pertama google saat sesorang menulis kata kunci yang sesuai dengan blog kita. Ini jelas memudahkan blog kita menjadi lebih “terkenal”.

Saya sempat ditawari training seputar SEO dengan biaya dua sampai empat juta. Karena waktu itu terjadi labilisasi ekonomi di kantong. Saya menolak dan mencoba berguru melalui om google. Beberapa tutorial favorit yang awalnya saya pelajari bisa teman2 lihat disini.

Setelah perjuangan selama berhari-hari yang menyebabkan saya menjadi semakin kurus. Akhirnya saya berhasil membuat dua blog pertama yang sudah menerapkan basic SEO, yaitu blog komunitas sosial saya Muda Berbagi, dengan kata kunci “muda berbagi” dan bisnis teman saya Pepes Mercon dengan kata kunci “pepes mercon”. Saat itu saya memilih kata kunci sama dengan brand dan tidak menggunakan adword-keyword untuk menganalisis apa kata kunci terbaik.  Update : blog ini saya buat saat belajar SEO pertama kali, dan tidak mencari keyword dengan memakai google keywordtools adalah kesalahan besar, karena traffic atau kunjungan dari sebuah blog di search engine berasal dari keyword.

Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana menggunakan adword untuk memilih keyword ? Teman2 bisa klik Cara Membuat Blog-keyword  Singkat cerita, dua blog saya ini masuk di First Page Google. Update : masuk First Page karena tidak ada persaingan yang ketat.

Saya juga belajar mengaplikasikan responsive template ke dalam blog, sehingga apapun ukuran layarnya atau dibuka dalam gadget sekalipun, blog akan secara otomatis menyesuaikan tanpa terpotong-potong. Bagaimana memasukkan free template blog yang didapat dari internet ? Akan kita pelajari disini

Saya juga mulai belajar tentang html-css. Apa itu HTML-CSS ? Teman2 bisa buka katerogi HTML-CSS di blog ini, karena memang materi tentang HTML CSS cukup banyak, atau bisa saja dipelajari di sini

Sampai saat ini saya terus mempelajari blog dan tools nya. Karena saya masih dalam tahap belajar, tentu banyak hal yang saya belum pahami, tapi setidaknya, saya akan berbagi materi yang sudah saya ketahui dan saya praktekkan. Kalau ada pertanyaan, selain melaui blog ini. Bisa juga melalui twitter dan FB saya yang link nya ada di kanan atas.
Update : Genap tujuh bulan semenjak sy memposting tulisan ini, belajar blog dan SEO meskipun kadang harus berhenti karena menemui jalan buntu.. hingga saya akhirnya bisa membuat web sendiri, resep dari SEO yang baik pun telah saya temkan dan tiga bulan sejak hari ini saya akan mencoba menembus beberapa keyword dengan blog ini maupun web yang saya miliki. Kalau hasilnya sudah terlihat, akan saya posting sebagai bukti.

Untuk mengetahui bagaimana membuat Blog dari awal silahkan kilik Cara membuat Blog
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Kamu