Membuat Post dan Halaman SEO

Membuat Post dan Halaman SEO


Setelah blog teman2 jadi dengan Cara Membuat Blog atau mungkin untuk yang sudah memiliki Blog, pastinya menginginkan halaman dan postingan yang dibuat lebih teratur atau SEO Friendly sehingga mudah di index Google atau search engines lainnya. Sebelum saya mulai berbagi cara posting, saya asumsikan teman2 sudah paham perbedaan post dan halaman, seperti saya jelaskan di Overview Blog, ibarat buku, halaman itu adalah lembarannya dan posting adalah isinya. Agar lebih mudah, saya ambil contoh pada blog saya Muda Berbagi.


Nah, sekarang kita akan coba buat contoh post yang SEO Friendly, langkah pertamadalam dashboard blog,  klik icon pensil di dekat icon blogger :



Saat kita membuat posting atau halaman, agar SEO friendly, ada beberapa yang harus diperhatikan :

1. Pastikan Judul Postingan mengandung key word yang ingin kita incar dengan menggunakah tag H1. usahalan Jangan menggunakan Tag h1 lebih dari satu kali dalam satu posting atau satu halaman.
Cara membuat tag H1: Teman2 masuk ke HTML (disamping compose-lihat gambar dibawah) lalu diantara text yang dipilih ketik


2.Kata Pertama dalam paragraph pertama dan paragraph terkahir juga seharusnya menggunakan key word yang sama dan diberi tag H2
Cara membuat tag H2: Masuk ke HTML ketik


3. Usahakan artikel yang di tulis berhubungan dengan key word, inilah pentingnya memilih fokuskan kontent pada awal membuat blog.

4. Berikan anchor text pada postingan dengan kata2 yang berhubungan dengan key word.
Anchor text: text yang dimasuki link untuk mengarahkan pembaca menuju halaman lain pada blog kita. Untuk lebih mudah, alihkan ke arah compose, block kata-kata yang dipilih kemudian klik Link (lihat gambar dibawah) . Pilih Anchor text menggunakan kata-kata yang juga berhubungan dengan keyword. Cara membuat anchor text :



5. Meskipun pemakaian key word penting, tapi Hindari pemakain key word yang berulang kali dan berurutan. Hal ini justru bisa membuat postingan kita di block oleh goolge.
Misalnya kita menggunakan key word "cokelat". Jangan tulis “Saya makan cokelat di Rumah Cokelat dengan memakai baju cokelat”.

6. Usahakan url postingan sesuai dengan judul yang kita buat. Misal : www.blogkamu.blogspot.com/cokelat/pemesanan Ini bisa kita atur dibagian opsi tautan :


7. Apabila ingin memasukkan gambar pada post, pastikan juga file nama gambar sesuai key word yang dituju. Misalnya untuk key word cokelat : Cokelat.jpg atau Cokelat-panas.jpg .

8.Berikan post label (ada di kanan) yang juga sesuai keyword.

Gambar dibawah adalah posting dalam HTML



9. Untuk membuat halaman pun sama seperti cara diatas, hanya saja teman2 harus memastikan sejak awal Judul halaman sesuai dengan yang diinginkan. Karena itu akan berpengaruh dengan URL yang muncul.

Untuk teman2 yang belum melihat bagaimana menentukan keyword, lihat saja disini.

Selamat Mencoba :)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Kamu