Dashboard - Blog Overview

Dashboard Blog - Blog Overview

 



Di dalam beranda blog, ada bagian-bagian overview blog yang berada di sisi kanan. Berikut saya coba ceritakan fungsi masing  masing bagian secara sederhana.

Ikhtisar : Gambaran umum dari blog kamu

Laman dan post : Apabila blog diibaratkan buku maka Laman adalah lembaran di dalam buku dan post adalah tulisan yang dimasukkan di dalam halaman. Laman bisa dikosongkan untuk diisi post atau Laman bisa langsung diisi konten. Pada keadaan standard, post yang diterbitkan akan selalu berada di halaman awal atau beranda. Untuk pengisian Laman dan Post yang baik dan SEO friendly, akan saya share disini.

Komentar  : tempat kita mengatur syarat dan jenis komentar yang bisa diberikan orang lain pada blog kita, bagian2 pengaturan komentar ini saya pikir cukup jelas. Komentar ini bisa dihilangkan.

Google+ : adalah jejaring milikom Google, jadi dengan memasang badge ini kita lebih dekat dan bersahabat dengan Google. Mungkin nanti teman2 bisa saling bertukar pin BB dan curhat2 bareng om Google ini.. (mulai lapar.... mulai lapar.....) 

Kelebihan dari Google+ ini adalah postingan yang kalian share ke Google+ akan cepat terindex Google. Jadi pastikan kamu sudah mendaftar di google +, klik saja G+ kalau teman2 ingin mendaftar.

Statistik : Gambaran umum statistik blog 

Tata Letak : Disini tempat kita mengatur posisi bagian bagian blog kita, sekaligus menambah dan mengurangi gadget/widget (gadget/widget adalah aplikasi yang dapat dimuat dalam blog kita). Kita kita juga bisa mengatur penampilan blog kita secara umum, seperti header dan logo. Namun disini kita tidak bisa mengganti warna ataupun mengatur ukuran bagian-bagian dalam blog.



Di dalam Tata Letak kita akan menemukan widget/Gadget, berbagai jenis widget sudah disediakan oleh blog dan bisa kita pilih sesuai keinginan, dimana kita ingin meletakkan posisi letak widget juga bisa diatur disini.
Gambar



Pengaturan widget cukup jelas saat kamu akan memilih widget yang diinginkan. Kita juga bisa menambahkan widget  yang tidak tersedia dengan format HTML.  Setelah melakukan perubahan di tata letak jangan lupa untuk menyimpan setelan.

Template : Seperti yang dikatakan di awal, template bisa kita rubah, kita bisa memilih tempalte sesuai keinginan kita, juga mengatur warna dan ukuran blog kita disini. Ada dua cara untuk mengubah template yaitu dengan ubah sesuaikan atau edit HTML.




Untuk pilihan edit HTML adalah tempat untuk memasukkan kode HTML-CSS yang nantinya akan tampak seperti ini apa bila di klik.


Setelan : Disini kita bisa mengganti alamat blog, mengganti judul dan memberikan deskripsi blog kita, serta beberapa pengaturan umum lainnya.

Sebenarnya masih banyak fungsi yang bisa kita gunakan pada overview blog diatas, tapi saya pikir, pengaturan diatas sudah cukup memenuhi untuk mengawali blogging. Untuk mengetahui pengaturan lainnya, jangan lupa untuk melihat artikel saya dari bagian HTML-CSS dan SEO di blog ini.

Untuk melihat cara membuat blog sila klik disini.
Untuk melihat bagaimana konten post dan halaman yang SEO Friendly bisa juga klik disini.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Kamu